Menjemput Senja

“Tidak ada kenangan khusus akan senja, aku hanya berusaha membuatnya seakan merangkak ketika sebenarnya aku menegerti benar bagaimana semua ini terjadi di penghujung hari,”

Menuju senja di Bandung yang kian menguning dan menenangkan hati. Waktu merangkak  maju menuju pergantian hari. Saat siang, berubah menjadi sore dan kemudian menjadi malam. Ketika rombongan pekerja kantoran berbondong-bondong meninggalkan Bandung menuju kota satelit, ketika semua doa dipanjatkan menuju shalat maghrib dan para penikmat malam bersiap menggelar pesta semalam suntuk. Aku, masih saja berdiri di sebuah jembatan, dengan sebatang rokok dan kamera terbidik menuju arah barat, menjemput senja di ujung sore.

Aku tak punya kenangan  khusus akan senja. Aku hanya berusaha membuatnya seakan merangkak, ketika sebenarnya  aku mengerti benar bagaimana semua ini terjadi di penghujung hari. Cuaca panas sejak siang hingga sore ini membuatku dapat menerima kemarahan sebagai hal yang lebih baik dibanding mengutuk kehilangan dan ketertinggalan. Di hari yang membuat aku harus mengerti banyak hal, membiarkan kejengkelan akan rutinitas tanpa bisa melawan dan mengikhlaskan beberapa memori pergi dan beberapa harapan  memudar.

Ada hal sepele tapi sangat penting jika ku lewatkan. Ingatan akan sebuah  pesan pendek di telepon genggam. “Aku suka senja di sebuah stasiun, mengingatkan aku pada suasana di Jawa Tengah,” begitu kira-kira. Entah kenapa setelah membaca pesan tersebut ingatan ku secara otomatis merekam segala sesuatu tentang senja. Apa yang ada dalam pikiran terkadang memang tak sejalan dengan kenyataan. Entah misteri apalagi yang kali kini berlangsung. Bertermu, tertarik, menyukai dan kemudian mencintai sesuatu hal atau seseorang memang tak butuh alasan. Begitu juga dengan menjemput senja,  karena Tuhan berkerja secara misterius.

senja (1)

Leave a Reply

