Lupa(!)

Sekelumit keresahan dalam krisis usia seperempat abad menuju duapuluh tujuh yang keramat.

lupa/lu·pa/ v 1 lepas dari ingatan; tidak dalam pikiran (ingatan) lagi:
2 tidak teringat
3 tidak sadar (tahu akan keadaan dirinya atau keadaan sekelilingnya, dan sebagainya)
4 lalai; tidak acuh

Itu kira-kira pengertian kata ‘lupa’ menurut KBBI setelah saya berselancar di google. Lupa? Ya, manusia mana yang tak pernah lupa akan sesuatu, atau banyak hal lainnya dalam hidup. Terlebih jika manusia itu seperti saya, pelupa. Itu salah satu dari sekian banyak sifat buruk lainnya yang saya miliki. Contohnya ; lupa waktu, lupa shalat, lupa bersyukur, lupa diri, lupa bayar utang, lupa mandi, dan mungkin lupa sama kamu.

Mungkin (pasti) sudah banyak yang merasa di rugikan oleh sifat buruk saya itu, paling tidak diri saya sendiri yang merasakan secara langsung akibat dari sifat buruk tersebut. Belakangan, baru saya pahami bahwa hidup bukan perkara utopis macam ; masih muda senang-senang, sudah tua kaya raya, dan mati masuk surga bukan?

Tenang, ini bukan pencitraan, hanya saja saat ini saya sedang mencoba untuk tidak lupa diri. Perkara ‘lupa’ inilah yang akhirnya menuntut saya untuk berkontemplasi, belajar mengingat, untuk kemudian menyusun kembali daftar panjang dosa-dosa yang saya buat. Menyusun ulang rencana untuk membenahi setiap kekakacauan hidup yang saya bikin sendiri, dan yang terpenting adalah menyiapkan mental untuk berbesar hati mengakui setiap kesalahan yang sudah di perbuat.

Seperti sebuah quotes yang saya baca pada timeline path, “siapa pun kalian, dengan segala kerendahan hati saya meminta maaf atas segala perbuatan saya yang dirasa merugikan”. Semoga kita bisa saling memaafkan, dan saya bisa menjadi orang yang lebih baik. Amin!

Leave a Reply

